Monday, November 16, 2015

Wahana Taman Edukasi Dan Wisata Agrotechno Park Universitas Jember



Taman adalah salah satu wahana bersantai yang bisa kamu kunjungi setiap saat. Tetapi akan lebih menarik lagi jika taman yang dikunjungi tidak hanya menawarkan wahana untuk berwisata, melainkan ada nilai tambahnya ketika hndak mengunjungi taman wisata tersebut. Universitas Jember menawarkan keduanya dalam satu lokasi sekaligus. Wahana Edukasi Tanaman Herbal namanya, selain menawarkan tampilan tumbuhan-tumbuhan obat juga menampilakn berbagai tanaman hias yang dikemas dalam green house.
Wahana Edukasi Tanaman Herbal (Herbal Medicine) mengaadopsi taman bunga yang dikembangkan di wilayah Eropa. Karena tumbuhan adalah gudang bahan kimia yang memiliki sejuta manfaat termasuk salah satunya sebagai obat. Setidaknya ada sekitar 12 ribu senyawa yang terkandung dalam tumbuhan dan bisa dimanfaatkan sebagai obat. Menyadari potensi besar akan hal tersebut, Universitas Jember (UNEJ) mengemabngkan wahana edukasi yang berkonsep herbal dengan memanfaatkan area seluas 13 hektare dan diserahkan sepenuhnya untuk dikembangkan oleh UPT Agrotechno Park UNEJ.
Pemanfaatan lahan ini menurut Rektor Universitas Jember akan menjadi langkah awal untuk bisa mewujudkan industrial obat herbal, hal ini juga sejalan dengan visi dari Unioversitas Jember.
Universitas Jember adalah satu-satunya universitas negeri  di wilayah Jawa Timur yang berada pada kawasan dengan basis kehidupan agriculture. Wahana Edukasi Tanaman Herbal ini, diharapkan akan mampu untuk mmbantu mewujudkan tujuan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi yakni mendorong pembentukan industry pusat ekstrak nasional bagi bahan-bahan alami sebagai obat., hal itu begitu penting untuk standarisasi bahan baku obat herbal, sekaligus mendukung kemandirian obat. Apalagi menurut Deputi keplan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi, hingga saat ini masih sekitar 90% bahan baku obat harus diimpor, karena masih belum ada keberpihakan pemerintah untuk mewujudkan kemandirian obat.
Karena masih dalam proses pengembangan, maka hingga saat ini baru satu taman yang terselesaikan dan mampu diproyeksikan pada pertengahan 2015 selesai secara menyeluruh. Menurut informasi dari ketua UPT, wahana ini juga akan dilengkapi dengan sebuah gedung produksi dan gedung pengemasan obat herbal. Sekitar 100 lebih jenis tanaman herbal yang sudah dsiapkan untuk melengkapi koleksi tiga taman terseut dengan bekerjasama dengan Balitbang tanaman obat untuk kedepannya. Menurut beberapa informasi, untuk mendapatkan jenis tanaman obat yang akan dikembagkan, berbagai tanaman obat dikumpulkan dari sejumlah daerah. Di wahana edukasi tanaman obat, ada kebun tanaman obat, pameran pemanfaatan tanaman obat, serta etalase tanaman obat dan tanaman hias. Selain sarana edukasi yang luas, ada hal menarik lainnya yang juga ditawarkan oleh wahana edukasi tanaman herbal ini. Desain pembangunan taman tanaman obat yang dibentuk meyerupai 3 lembar daun tembakau
Dengan adanya WahanaEdukasi Tanaman Herbal ini, diharapkan nantinya menjadi salah satu aset strategis Universitas Jember yang bermanfaat untuk semua kalangan, yakni:
-       Mampu menjadi sarana penunjang kegiatan tridarma terpadu bagi civitas akademika Universitas Jember dan perguruan tinggi lainnya.
-      Mampu menjadi wahana pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat yang diharapkan bisa selalu memberikan informasi terkait ilmu pengetahuan dan teknologi yang up to date dan bersifat dinamis tentunya.
-     Tujuan lainnya juga, mmbangtu pemerintah dalam bidang pengembangan agrowisata yang berbasis pendidikan dan pertanian industrial, sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian wilayah yang diharapkan mampu menyediakan lapangan pekerjaan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarkat.
Bagi kamu yang ingin berwisata sekaligus mendapatkan edukasi, maka berkunjung ke Wahana Edukasi Tanaman Herbal Universitas Jember adalah pilihan yang tepat. Selain membuat kamu bisa bersantai juga bisa belajar, lokasi yang tepat untuk mengajak anak-anak bermain sambil belajar. Untuk lokasinya, kami sediakan peta lokasi sekaligus denah wahana edukasi tanman herbal Unversitas Jember sebagai panduan untuk melakukan kunjungan
Berikut ini adalah Peta Lokasi dan Denah Wahana Edukasi Tanaman Herbal yang dikembangkan oleh Universitas Jember (UNEJ).

1 comment:

  1. Beberapa waktu lalu sempet berkunjung ke jember, kalau tau ada taman ini mungkin akan mampir... keren gitu tamannya... :)

    ReplyDelete

silahkan tinggalkan komentar yang relevan dengan artikel ya.. makasih ^_^