Saturday, November 18, 2017

Tips Meraih Percaya Diri di Depan Audience

blogsadli.com,- Ketika kamu berada di dalam kereta, coba sesekali perhatikan hewan yang sedang makan dan lokasinya tidak jauh dari sumber suara gemuruhnya kereta api. Pertanyaannya? Apakah mereka menoleh pada sumber suara? Tentu jawabannya tidak bukan, hewan-hewan demikian akan tetap menikmati makanannya tanpa memperdulikan dimana sumber suara keributan tersebut.
Tips Meraih Percaya Diri di Depan Audience
Kemudian ada juga hewan tipe kedua yang akan kau lihat, yakni hewan yang terpengaruh oleh suara gemuruh tersebut kemudian menjadi tidak tenang. Bagaimana cara menyembuhkan ketakutan dari hewan jenis kedua ini? Jika kamu seorang gembala maka akan ada dua pilihan, pilihan pertama adalah memindahkannya ke lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian ataukah membuatnya terbiasa dengan rmainya suara.

Begitulah seorang publik spiker, mereka awalnya merasa gugup tetapi karena seringnya berbicara didepan banyak orang sehingga ketika ia berbicara di depan publik seperti tidak mengalami gagap atau semacamnya. Intinya adalah belajarlah berbicara dengan berbicara pula.

Beberapa tips yang perlu kamu terapkan agar bisa meraih percaya diri di depan audience.

1. Tenggelamlah Dalam Subjek Yang Dibicarakan

Ketika berada didepan maka hal pertama yang harus kamu coba lakukan adalah focus dan konsentrasi sebagai cara sederhana mengalihkan perhatian dari hal-hal yang kurang penting. Seperti memikirkan bentuk potongan baju, model kancing, warna ikat pinggang. Tetaplahh focus dan berkonsentrasi pada apa yang akan kamu bicarakan.

Isilah kepalamu seperti mengisi air didalam gelas, sehingga hal yang dirasa tidak penting akan keluar dari kepalamu. Memang tidak diragukan bahwa memperhatikan penampilan diri ketika akan berbicara didepan banyak orang adalah hal yang lumrah. Lebih buruk lagi, jika kamu berupaya untuk tampil hebat. kamu berasumsi tentang kehebatan itu dan memenuhi diri sendiri dengan asumsi itu. Kehebatan menurut kacamata audience berbeda dengan kacamatamu. Kamu memang hebat, tapi menurut diri kamu sendiri.

2. Persiapkan Topik yang Akan kamu Bicarakan

Kesalahan seorang pembicara adalah maju kedepan tanpa ada yang akan dibicarakan. Otak manusia sebenarnya berfungsi layaknya vacuum cleaner, dimana akan menyedot apa yang berada disekitarnya. Maka jika kamu tidak menyiapkan topik pembicaraan maka akan banyak pertanyaan dalam benakmu “bagaimana rambutku?” “bagaimana bajuku?” bagaimana penampilanku” kamu memang akan sibuk, tetapi hanya sibuk memikirkan diri sendiri tanpa sibuk memikirkan apa yang akan kamu bicarakan.

Jadi, sebelum akan berbicara didepan sebaiknya lakukan persiapan dan ketahui sesuatu dahulu sebelum hendak berbicara. Coba pikirkan sesuatu yang sekiranya bisa menginspirasi, jika hal itu kamu lakukan maka tidak ada yang perlu kamu risaukan masalah topik yang akan kamu bicarakan.

3. Persiapkan Kesuksesan Itu dan Harapkan Menjadi Kenyataan

Terlalu percaya diri sebenarnya juga tidak baik. If you believe you will fail, there is no hope for you. You will. Kapasitasmu bisa tak terbatas (secara manusiawi) jika engkau meniru sifat elang. Seekor elang menantang matahari tanpa berkedip. Maka, Jadilah elang yang menantang dan tetaplah rendah hati.

4. Kuasai Audiance 

Ketika berhadapan dengan banyak orang maka akan muncul kekutan positif dan kekuatan negative anatar kamu dan audience. Jika kamu berasumsi memegang kekuatan positif tersebut, maka itulah yang akan kamu peroleh. Jadilah berani maka rasa rileks dan percaya diri akan ada bersamamu. 

Jangan ragu untuk mulai berbicara. Mulailah bicara seperti ketika berbicara kepada sekelompok teman. Ingatlah bagaimana kita di kolam renang. Jika kamu hanya memegang airnya, memang dingin. Tapi jika kamu nyemplung, dinginnya biasa saja.

5. Jangan berharap mendapatkan simpatik dahulu

Jangan pernah mengharapkan simpatk ketika kamu maju kedepan, karena simpatik adalah hasil dari sebuah proses. Yang kamu butuhkan hanyalah sebuah dorongan untuk maju, sukses atau tidak aan ditentukan oelah sikap mental bukan kapasitas mental.

Sekian sedikit tips untuk terlihat percaya diri didepan audience…
Semoga bermanfaat…

2 comments:

silahkan tinggalkan komentar yang relevan dengan artikel ya.. makasih ^_^