Saturday, November 18, 2017

7 Tips Mengatasi Cemas yang Berlebihan

Cemas itu adalah sesuatu yang memang sulit untuk dihindari dalam kehidupan, karena cemas itu bersifat manusiawi. Misalnya saja, ketika dihadapkan dengan sebuah masalah maka sudah dipastikan rasa cemas serta khawatir akan menghantui. Tetapi cemas yang baik adalah cemas yang tidak terlalu berlebihan, karena jika seseorang mengalami suatu kecemasana yang berlebihan nantinya setiap kegiatan yang akan dilakukan tidak berjalan sesuai harapan dan akhirnya berkahir bernatakan. Setiap orang tentunya pernah mengalami kecemasan, tetapi ada sebagian orang yang mudah sekali merasa cemas serta khawatir dengan apa yang akan terjadi selanjutnya.
7 Tips Mengatasi Cemas yang Berlebihan
Ada banyak cara untuk mengatasi kecemasan yang berlebihan demikian, mulai dari terapi hingga menghubungi psikolog. Dengan meminta bantuan dari seorang psikolog dipercaya isa meringankan rasa cemas yang berlebihan. Setiap rasa gelisah, cemas serta khawatir tentunya punya sebuah penyebab misalnya kurangnya percaya diri, merasa semua beban ditanggung sendiri, susah untuk menerima, ketakutan dengan kegagalan dan tidak optimis. Dari beberapa bagian penyebabnya maka bisa dicari beberapa solusi untuk menghindari maupun mengatasi timbulnya rasa cemas yang berlebihan terhadap sesuatu. 

1.      Tenangkan Diri

Setiap kecemasan sudah pasti memiliki sebab, karena rasa cemas adalah sebuah akibat. Maka, sudah sepatutnya seseorang yang seringkali merasa cemas harus pandai menggunakan pikiran serta perasaan untuk bisa mengatasi kecemasan yang timbul. Untuk bisa menguasai pikiran dan perasaan, terlbih dahulu tenangkan diri. Setelah bisa menenangkan diri barulah kamu coba untuk memikirkan kemungkinan – kemungkinan yang akan terjadi jika kamu mengambil langkah tersebut. Coba tuliskan dalam sebuah kertas secara terstruktur sehingga dengan mengetahui kemungkinan – kemungkinan itu, kamu bisa memprediksi berapa persentase langkah yang kamu ambil mendekati kata sukses. Karena cemas dalam hal ini disebabkan karena pikiran yang tidak bisa tenang.

2.      Berusaha Optimis (Positif Thinking)

Cara mengatasi rasa cemas yang berlebihan lainnya adalah dengan berusaha untuk bersikap optimis. Dengan berusaha optimis, maka keyakinan diri dalam mengambil sebuah langkah tentunya meningkat dan cenderung menghasilan sesuatu yang baik. Karena jika seseorang memiliki serta menanamkan sikap optimis dalam dirinya, maka jika langkahnya gagal dia akan tetap berusaha hingga nantinya benar-benar sukses. Orang yang optimis akan mengibaratkan sebuah plan adalah abjad, jika plan A gagal maka masih ada plan B, C, D dan seterusnya.

3.      Ikhlas Menerima Apapun Itu

Ikhlas menerima adalah salah satu cara mengatasi rasa cemas yang berlebihan. Ikhlas menerima apapun resiko yang akan datang ketika langkah sudah diambil, dan tentunya orang yang punya rasa ikhlas menerima dalam dirinya tidak akan membiarkan ego dan ketakutan menguasai pikiran dan perasaan. Biarkan saja semuanya mengalir apa adanya, karena setelah mendung nanti akan terang pula. Jangan sampai denga tidak adanya ikhlas menerima dalam hati, nantinya malah akan memperburuk suasana dengan melakukan hal-hal yang tidak perlu untuk dilakukan. Semua tindakan dan langkah pasti harus diambil dan diputuskan dengan kepala yang dingin.

4.      Jangan Takut Gagal, Karena Gagal Adalah Sukses Yang Tertunda

Kecemasan yang berlebih terkadang disebabkan juga oleh rasa takut berlebihan sehingga menimbulkan kekhawatiran serta rasa cemas yang berlebih. Ketakutan akan sebuah kegagalan memang suatu hal yang wajar, akan tetapi takut sebelum berperang bukanlah sifat yang baik. Karena sikap yang demikianlah yang menumbuhkan rasa cemas yang nantinya berlebihan. Untuk mengatasi hal itu, maka sudah barang tentu seseoragg harus menghadapi kegagalan dengan keberanian dan ketabahan hati. Karena kegagalan tidak semuanya buruk, tetapi sebagian besar kegagalan bisa memberikan pelajaran yang sangat penting untuk menjadi pribadi yang lebih baik dimasa depan.

5.      Meningkatkan Kepercayaan Diri

Seperti banyak yang diketahui bahwasanya kekhawatiran dan kecemasan ditimbulkan karena kurangnya rasa percaya diri. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengatasi serta mencegah kecemasan yang berlebihan diperlukan meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi. Dengan memiliki kepercayaan diri, maka sudah dipastikan bahwa seseorang akan memiliki keyakinan yang kuat akan hasil yang diperolehnya berhasil. Dan kalaupun tidak berhasil, masih ada plan yang lain untuk dipersiapkan. Jadi tidak terlalu terpuruk dengan kegagalan dan akan memperkecil kemungkinan seseorang tersebut mengalami kecemasan apalagi hingga depresi.

6.      Dekatkan Diri Dengan Yang Maha Kuasa, Untuk Mendapatkan Ketenangan

Mendekatka diri dengan Sang Pencipta adalah salah satu cara mengatasi cemas yang berlebihan. Karena, bagi yang dekat dengan Tuhan serta percaya dengan keputusan tuhan tidak akan pernah membuat hamba-Nya terpuruk dalam kegagalan. Pastilah ada maksud dan tujuan kenapa langkah seseorang tehambat. Orang yang dekat dengan Tuhannya pasti tahu bahwa manusia hanya berusaha da Tuhanlah yang memutuskannya.

7.      Jangan Patah Semangat, Keep Calm

Tetap semangati diri sendiri, karena motivasi tervesar seseorang bukan berasal dari orang lain melainkan lebih berpengaruh motivasi yang berasal dari diri sendiri. Berapa banyak orang diluar sana yang akhirnya depresi karena terpuruk dalam kecemasan yang berlebihan, maka satu langkah pasti dan besar adalah dengan menyemangati diri sendiri.
Ketujuth tips diatas semoga bisa memberikan inspirasi dan manfaat untuk mencegah, mengurangi atau bahkan mengatasi rasa cemas yang timbul secara berlebihan.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar yang relevan dengan artikel ya.. makasih ^_^