Kerusakan Yang Berpotensi Terjadi Pada Smartphone dan Cara Mengantisipasinya

Kerusakan Pada Smartphone dan Cara Mengantisipasinya
blogsadli.com,- Tidak bisa dipungkiri bahwa zaman sekarang ini, banyak sekali beredar dan hampir menjadi kebutuhan untuk menggunakan Samrtphone atau Android. Bahkan anak dibawah umur sudah mengerti bagaimana cara pengoperasian teknologi yang satu ini. Tetapi ternyata, tidak banyak yang mengerti mengenai smartphone itu sendiri, sehingga menggunakannya hanya sebisanya saja tanpa mewaspadai kerusakan yang berpotensi terjadi. Akhirnya, ketika sudah rusak kemudian menyalahkan keadaan.

Nah, perlu untuk diketahui bahwa dalam pengoperasian perangkat android ini sebenarnya harus mengerti dahulu bagian mana saja dan apa saja yang berpotensi besar mengalami kerusakan. Berikut ini telah kami rangkum, oh ya untuk sumber artikelnya ada banyak sekali sumber yang diambil.

1. Baterai Ngedrop (Jebol)

Baterai yang rusak, ngedrop atau bahkan rusak total sebenarnya dikarenakan banyak faktor. Diantaranya adalah karena penggunaan yang bisa dibilang lebih dari kata normal. Artinya digunakan sampai benar-benar dalam kondisi dipaksakan. Penyebab terbesar terjadinya kerusakan baterai adalah penggunaannya sambil di carger. Kebiasaan ini tidak baik untuk kondisi baterai android, mungkin efeknya tidak langsung tetapi efeknya jangka panjang.

Cara mencegahnya adalah dengan menggunakannya secara baik. Hindari penggunaan android yang terlalu dipaksakan sampai digunakan sambil negcarger. Karena tidak baik untuk kesehatan perangkat anda. Seperti halnya seseorang diminta mengerjakan dua hal besar dalam satu kali, mungkin awal bisa tetapi lama kelamaan akan tumbang juga.

2. Touchscreen Kurang Responsip

Banyak yang sering mengalami hal ini, pastinya sangat menganggu aktifitas kita. Respon layar sentuhnya bisa dibilang delay, jadi kadang sering terjadi typo (salah etik). Apalagi untuk seorang gamers atau admin media sosial maka akan sangat menganggu. 

Mungkin kerusakan ini tidak terlalu parah, tetapi tetap saja akan menganggu. Oleh karenanya, cegah hal ini terjadi dengan lebih bijak menyimpan dan menggunakan Android. Penyebabnya reponsif menurun adalah karena tekanan terlalu tinggi ketika menyimpan android di saku celana, sehingga membuat kondisi touchscreen bermasalah. Mencegah ini terjadi adalah dengan cara menjaga kebersihan touchscreen, jangan sampai digunaka ketika tangan kotor karena bisa saja kotoran yang menempel ke LCD akan mengganggu responsif touchscreen

3. LCD Pecah

Untuk kerusakan ini juga kerap kali terjadi, karena banyak alasan juga. Diantaranya adalah karena tida baik menjaga androidnya sehingga jatuh dan pecah, atau tidak sengaja keinjak. Maka solusinya adalah cegah dengan berhati-hati menggunakannya.

4. Lemot

Android menjadi lemot. Hal ini juga sangat berpotensi, bahkan bisa dibilang sebagai penyakit wajibnya semua smartphone. Antisipasi dengan mematikan update aplikasi otomatis pada perangkat dan matikan download otomatis pada beberapa aplikasi seperti whatsapp. Terlebih lagi, anda harus sering membersihkan file yang tidak berguna sehingga memory tidak sampai memerah. Karena hal ini akan mengakibatkan lemot dan repon yang lambat.

5. Terkena Virus

Nah, mengenai ini sebenarnya juga sangat umum terjadi. Cara mencegahnya adalah dengan selektif memilik link atau url yang dibuka. Sehingga tidak akan terjangkit virus. Karena virus berbahaya dan salah satu ancaman berat dari sebuah perangkat.

Semoga artikel ini bermanfaat. 

17 Responses to "Kerusakan Yang Berpotensi Terjadi Pada Smartphone dan Cara Mengantisipasinya"

  1. mungkin bisa saya tambahkan akibat terlalu panas menyebabkan camera depan tidak berfungsi. Hal ini yg saya alami dengan lenovo x2

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah.... aku belum ngalami makanya gak ada... :D kapan-kapan tak tambahkan bang

      Delete
  2. Lemot,, ini karena tuntutan update aplikasi, jadi harus ngapusin aplikasi dg skala prioritas,, next ya ganti hp yg memori lbh gede,, spaya nyaman

    ReplyDelete
  3. Kalo saya kerusakan di point pertama itu serng terjadi mas, batere hp cepet banget habis.

    ReplyDelete
  4. Nah.. kalo aku paling sering batre ngedrop alias jebol alias soax....
    kalo udah kayak gini pingin ganti hp rasanya kak

    ReplyDelete
  5. Ada lagi mas kerusakan fatal yang baru kemarin saya alami yaitu :
    "Update perangkat otomatis"

    Ini tidak boleh khususnya untuk uodate operation system. Sebab menyebabkan hp akan mati total. Yang bisa perbaiki ya tukang service si hp. Kan rugi jadinya kita bayar service lg hehehe. Apalagi kalau baterai tanam. Udah deh, harus perbaiki ke tempat resmi. Kalau ga ke tempat resmj, maka hp kita dibuka paksa.

    #BloggerFLP

    ReplyDelete
  6. Dari semua poin di atas aku kok paling serem sama poin terakhir yang kena virus itu ya. Aku pikir android lebih tahan sama virus. Ini nyegahnya gimana dong?.. Buka situs macam apa yang bisa bikin kena virus? Download app juga membuat kemungkinan android kena virus juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, caranya adalah selektif memilih aplikasi dan url yang akan dibuka.. :D

      Delete
  7. Ingat hape aku di konter yang rusak belum ditebus. Lumayan bayarnya 450 hahaha. Parah

    ReplyDelete
  8. Hape aku rusak nih sama anak-anak pas twrtonggte hapenya di rumah

    ReplyDelete
  9. biasanya yang bermasalah d hapeku baterainya.. ini dah ganti sekitar 3x... heheh

    ReplyDelete
  10. Hape yang lama baterainya drop. Trus aku beli baterai baru eh lcdnya yang rusak. Akhirnya beli hape baru deh. Hehe

    ReplyDelete
  11. Nah hp saya setahun pertama lancar jaya batre awet. Lalu di tahun kedua suka ngetik² dan online sambil ngecas alhasil biarpun batre awalnya full hanya beberapa jam (kurang dari setengah hari saja awetnya) sudah drop lagi.

    ReplyDelete
  12. jangan sampailah kena virus bisa habis data yang di dalamnya, nangis bombay deh

    ReplyDelete
  13. informasinya bermanfat sekali... hapeku suka lemoot dan semoga jangan sampai kena viruus... virus narsis karena kebanyakan foto jadi memori penuh dan bikin hp lemot wkwkwk.

    ReplyDelete

silahkan tinggalkan komentar yang relevan dengan artikel ya.. makasih ^_^