Kerusakan Yang Berpotensi Terjadi Pada Smartphone dan Cara Mengantisipasinya

Kerusakan Pada Smartphone dan Cara Mengantisipasinya
blogsadli.com,- Tidak bisa dipungkiri bahwa zaman sekarang ini, banyak sekali beredar dan hampir menjadi kebutuhan untuk menggunakan Samrtphone atau Android. Bahkan anak dibawah umur sudah mengerti bagaimana cara pengoperasian teknologi yang satu ini. Tetapi ternyata, tidak banyak yang mengerti mengenai smartphone itu sendiri, sehingga menggunakannya hanya sebisanya saja tanpa mewaspadai kerusakan yang berpotensi terjadi. Akhirnya, ketika sudah rusak kemudian menyalahkan keadaan.

Nah, perlu untuk diketahui bahwa dalam pengoperasian perangkat android ini sebenarnya harus mengerti dahulu bagian mana saja dan apa saja yang berpotensi besar mengalami kerusakan. Berikut ini telah kami rangkum, oh ya untuk sumber artikelnya ada banyak sekali sumber yang diambil.

1. Baterai Ngedrop (Jebol)

Baterai yang rusak, ngedrop atau bahkan rusak total sebenarnya dikarenakan banyak faktor. Diantaranya adalah karena penggunaan yang bisa dibilang lebih dari kata normal. Artinya digunakan sampai benar-benar dalam kondisi dipaksakan. Penyebab terbesar terjadinya kerusakan baterai adalah penggunaannya sambil di carger. Kebiasaan ini tidak baik untuk kondisi baterai android, mungkin efeknya tidak langsung tetapi efeknya jangka panjang.

Cara mencegahnya adalah dengan menggunakannya secara baik. Hindari penggunaan android yang terlalu dipaksakan sampai digunakan sambil negcarger. Karena tidak baik untuk kesehatan perangkat anda. Seperti halnya seseorang diminta mengerjakan dua hal besar dalam satu kali, mungkin awal bisa tetapi lama kelamaan akan tumbang juga.

2. Touchscreen Kurang Responsip

Banyak yang sering mengalami hal ini, pastinya sangat menganggu aktifitas kita. Respon layar sentuhnya bisa dibilang delay, jadi kadang sering terjadi typo (salah etik). Apalagi untuk seorang gamers atau admin media sosial maka akan sangat menganggu. 

Mungkin kerusakan ini tidak terlalu parah, tetapi tetap saja akan menganggu. Oleh karenanya, cegah hal ini terjadi dengan lebih bijak menyimpan dan menggunakan Android. Penyebabnya reponsif menurun adalah karena tekanan terlalu tinggi ketika menyimpan android di saku celana, sehingga membuat kondisi touchscreen bermasalah. Mencegah ini terjadi adalah dengan cara menjaga kebersihan touchscreen, jangan sampai digunaka ketika tangan kotor karena bisa saja kotoran yang menempel ke LCD akan mengganggu responsif touchscreen

3. LCD Pecah

Untuk kerusakan ini juga kerap kali terjadi, karena banyak alasan juga. Diantaranya adalah karena tida baik menjaga androidnya sehingga jatuh dan pecah, atau tidak sengaja keinjak. Maka solusinya adalah cegah dengan berhati-hati menggunakannya.

4. Lemot

Android menjadi lemot. Hal ini juga sangat berpotensi, bahkan bisa dibilang sebagai penyakit wajibnya semua smartphone. Antisipasi dengan mematikan update aplikasi otomatis pada perangkat dan matikan download otomatis pada beberapa aplikasi seperti whatsapp. Terlebih lagi, anda harus sering membersihkan file yang tidak berguna sehingga memory tidak sampai memerah. Karena hal ini akan mengakibatkan lemot dan repon yang lambat.

5. Terkena Virus

Nah, mengenai ini sebenarnya juga sangat umum terjadi. Cara mencegahnya adalah dengan selektif memilik link atau url yang dibuka. Sehingga tidak akan terjangkit virus. Karena virus berbahaya dan salah satu ancaman berat dari sebuah perangkat.

Semoga artikel ini bermanfaat. 

Disqus Comments