Wednesday, September 12, 2018

Bingung Memulai Blog? Coba lakukan Cara Memulai Blog Untuk Pemula

Blogsadli,- Bingung Memulai Blog? Coba Lakukan Cara Memulai Blog Untuk Pemula. Banyak diantara orang yang ingin sekali ngeblog karena termotivasi oleh teman atau karena gak sengaja baca artikel tentang bagaimana menariknya dunia blogging. Tetapi yang selalu menjadi pertanyaan adalah, susah gak sih untuk menjadi blogger? Terus bagaimana cara memulai blog untuk pemula? 

Susah Gak Sih Menjadi Blogger?

Mengenai susah atau tidaknya tergantung bagaimana kitanya. Apakah kita menikmati proses belajarnya atau akan menyerah dikemudian hari. Buktinya banyak yang bilang ternyata susah ya menjadi blogger, apalagi kalau misalkan tulisan kita masih acak - acakan. Kembali lagi ke pribadi masing - masing, apakah masih mau berjuang, karena segala sesuatunya butuh proses termasuk ngeblog.

Cara Memulai Blog Untuk Pemula

Coba lakukan Cara Memulai Blog Untuk Pemula
Kalau mau ngeblog? Kira - kira mulai dari mana?
Nah, ini penting sekali. karena banyak yang ingin ngeblog tapi bingung mau bahas apa atau bingung mau mulai dari mana. Jadi saranku buat teman -teman sekalian adalah....

1. Mulai dari apa yang disukai

Mulailah ngeblog dari apa yang teman - teman sukai, kalau misalkan menyukai puisi, cobalah membuat blog tentang puisi (mulai dari bagaimana cara membuatnya, memilih kosa kata, hingga mulai menulis atau bahkan publish puisi teman - teman). Kalau teman - teman merasa modis, stylis, bisa menulis mengenai mode, fashion, gaya hidup, atau segala sesuatunya yang berkaitan dengan apa yang teman - teman sukai. Kalau menyukai travelling, tentu bahas mengenai kisah perjalanan teman - teman, tips untuk pembaca kalau mau travelling, atau sejenisnya. Suka makan maka bahas tentang kuliner, pengalaman makan dimana, review sederhana mengenai kuliner. Jika menyukai film atau musik, bahas segela hal mengeia film dan musik dari sudut pandang teman - teman sendiri. Kalau suka membaca buku, tinggal buat blog tentang ulasan buku. begitu seterusnya...

2. Luruskan Niat

Kembali luruskan niat, jangan sampai berniat ngeblog goalnya adalah uang / berpenghasilan. Karena ketika tidak sesuai ekpektasi misalkan ketika menggunakan google adsense lalu sudah terkumpul 1 jutaan, lalu ternyata ketika h-2 pencairan, akun google adsense kita terkena blokir sehingga uang segitu hangus tanpa jejak. Jika motivasi teman - teman adalah uang maka pasti dalam kondisi akan syok dan down, 90% orang mengalami kaget dan akhirnya gak ngeblog lagi (kenyataan). Tetapi jika niatnya teman - teman bukan semata - mata fokus ke uang maka insyaAllah nanti akan terbuka sendiri jalan mendapatkan uangnya ketika teman - teman bisa istiqamah ngeblog dan mulai memunculkan ciri khas blog teman - teman. 

3. Mulai Menulis

Seperti point yang pertama tadi, tulis apa yang teman - teman sukai. Jadi ada besar kemungkinan tulisan teman - teman akan memberikan feel ketika dibaca banyak orang. Kenapa harus menulis? Apalagi kalau misalkan tulisan tersebut berdasarkan riset atau pengalaman sendiri. Dan perlu juga teman - teman mengetahui bagaimana sih kebiasaan baik dari para blogger sukses.

4. Udah PeDe Aja

Jangan malu untuk mempublish tulisan teman - teman. Share di media sosial seperti twitter, facebook, line, Google+ dan media sosial lainnya. Dan catatan penting, ketika share link ke media sosial tadi, usahakan beri sedikit caption seputar tulisan kita. tujuannya agar gak dianggap spam.

5. Blogwalking Untuk Mencari Inspirasi

Jangan lupa berkunjung ke blog orang lain agar dikunjungi balik. berikan komentar yang baik dan relevan dengan isi tulisan, jangan hanya komentar "terimakasih ilmunya, jangan lupa kunjungi balik" atau "inpiratif benget" atau "lanjutkan". Komentar seperti ini gak akan menarik perhatian yang punya blog untuk berkunjung ke blog teman - teman. 

6. Mulai Dari Sekarang

Jangan menunggu terlalu lama, nanti bisa menyesal kalau ternyata ide dan rancangan teman - teman malah terpakai duluan oleh orang lain. Karena bisa jadi bukan cuma kamu yang memikirkan peluang itu.

1 comment:

silahkan tinggalkan komentar yang relevan dengan artikel ya.. makasih ^_^