Wednesday, October 3, 2018

Bingung Blog Begitu – Begitu Saja? Coba Lakukan 5 Cara ini Agar Blog Jadi Lebih Baik

Blogsadli.com,- Setiap orang yang memiliki blog, tentunya ingin melihat blogya terus tumbuh dan berkembang hingga suatu saat bisa menjadi blog yang besar dan punya nama. Hal ini tentunya ditujukan agar blog menjadi ramai pengunjung serta memberikan pengalaman yang baik untuk pengunjungnya. Pernah gak sih anda merasa bahwa blog yang anda miliki begitu – begitu saja tanpa ada perkembangan yang signifikan. Ya, hal ini bukan hanya dirasakan oleh anda melainkan saya juga merasakannya. 
Bingung Blog Begitu – Begitu Saja? Coba Lakukan 5 Cara ini Agar Blog Jadi Lebih Baik
Mungkin 5 cara ini bisa dicoba agar blog jadi lebih baik dan bisa memberikan pengalaman yang baik bagi pengunjungnya. Oh ya, saya juga sedang mencoba melakukan hal ini. Itu artinya ini strategi yang juga saya terapkan dan saya uji untuk blog. 

1. Menulis Konten Blog Yang Panjang

Seiring dengan perkembangan teknologi, serta semakin terupdatenya algoritma google membuat para blogger dan SEO marketing untuk terus berkembang demi menghasilkan konten yang berkualitas oleh google. Tetapi yang selalu menjadi sorotan utamanya adalah jumlah kata yang disajikan. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa “kalau menulis yang singkat, padat dan berisi lebih bisa memahamkan pembaca, lalu kenapa harus ribet dengan menyajikan konten yang panjang.”
Bingung Blog Begitu – Begitu Saja? Coba Lakukan 5 Cara ini Agar Blog Jadi Lebih Baik
idblognet
Untuk pandangan seperti itu, bisa saya bilang memang tidak keliru tetapi bukan berarti benar. Mungkin dalam pandangan manusia akan seperti itu, tetapi ingat bahwa goal anda adalah mendapatkan blog yang berkualitas dan lebih mudah untuk dipahami. Bukankah jika memberikan penjelasan yang panjang lebar bisa memperkecil kemungkinan seorang tidak memahami bacaan? Kenapa saya memutar pertanyaan ini? Jawabannya adalah karena banyak yang suka membaca detail baru bisa memahami apa yang disampaikan. 

Lalu berapa jumlah kata yang pas? Ada banyak yang bilang kalau untuk menunjang kualitas sebuah artikel, minimalnya adalah 300 kata. Artinya untuk hasil yang maksimal maka tentu memilih artikel dengan jumlah kata yang lebih dari 300. Beberapa Content Writer mengatakan bahwa ada baiknya untuk menulis sekitar 1000 – 1500 sebagai standar utama kelayakan. Tetapi kembali lagi harus menjadi perhatian adalah siapa target pembaca blog anda. 

Tetapi tetap perlu diperhatikan, jumlah kata yang banyak haruslah diimbangi dengan pesan informatif dalam sebuah konten. Dan tidak hanya itu, dengan menggunakan jumlah kata yang banyak tentunya kemungkinan untuk menembus page one di search engine sangat besar. Karena tidak menutup kemungkinan secara tidak sengaja anda menargetkan banyak keyword dalam sebuah artikel.

2. Sajikan Konten Yang Bermanfaat

Ini sebenarnya bukan point baru, melainkan poin kedua ini merupakan kelanjutan dari poin pertama. Karena kembali lagi pada tujuan utama seorang berkunjung ke sebuah website atau blog, tiada lain dan tiada bukan hanya untuk mencari infromasi. Tentunya hal ini menuntu anda dan saya sebagai seorang penulis konten harus menyajikan sebuah konten yang bermanfaat. 
Disamping harus menyajikan konten dengan jumlah kata yang banyak, satu hal yang harus digaris bawahi adalah kualitas konten yang disajikan. Kalau hanya banyak saja namun konten tidak berkualitas, tentunya akan membosankan untuk dibaca. Maka menjadi sebuah poin penting sebuah konten adalah kualitas informasi yang disajikan. Kecuali kalau tujuan anda bukan untuk memberikan informasi dan manfaat tetapi malah hanya mengejar page view. Memang sebuah hak anda untuk mendapatkan penghasilan dari page view, tetapi tetap harus diperhatikan mengenai manfaat apa yang didapatkan seorang pengunjung dari apa yang anda sajikan.

Maka menurut saya, ada baiknya untuk terus berusaha memberikan manfaat melalui apa yang kita sajikan. Janga sampai waktu pengunjung menjadi sia – sia karena membaca artikel yang tidak jelas. Maka caranya adalah dengan menyatakan sumber valid apabila bentuk informasi, atau berikan tips pengalaman anda sebagai tambahan manfaat, atau bisa juga dengan melakukan riset sebelum menulis sebuah konten. Sesuaikan dengan ninche atau bahasan blog yang anda sedang kembangkan.

3. Rajin Posting

Kalau hanya menulis beberapa kali, mungkin hasilnya tidak akan langsung terasa. Tetapi tentunya akan berbeda ketika anda rajin posting tulisan. Selain rank blog menjadi naik, tentunya pengunjung juga akan merasa dimanjakan dengan sajian – sajian yang baru. Selalu jadwalkan postingan, minimal sekali dalam seminggu untuk posting. Setidaknya akan tercipta 4 konten selama seminggu. Jadi cukup untuk bahan bacaan dan investasi pengunjung blog di masa depan. 


Tentunya akan lebih bagus lagi jika anda memposting tulisan setiap harinya. Kemungkinan rank blog naik dan pengunjung terus berdatangan itu besar. Jadi kuncinya adalah rajin posting dengan jumlah kata yang lumayan serta isi artikel bermanfaat. 

4. Optimasi Artikel Jika Sudah Selesai

Bingung Blog Begitu – Begitu Saja? Coba Lakukan 5 Cara ini Agar Blog Jadi Lebih Baik
Perlu juga untuk melakuakn optimasi artikel atau makna dasarnya adalah optimasi blogpost. Cek kembali apakah ada yang typo atau tidak sebelum benar – benar di publish. Akan lebih bagus lagi apabila diterapkan SEO dalam artikel. Dasarnya dalam sebuah artikel adalah peletakan keyword, jumlah pengulangan keyword, penggunaan keyword synonim, optimasi image, meta tag deskripsi hingga penulisan judul yang tepat. Maka selau perhatikan beberapa poin tersebut untuk hasil yang lebih maksimal. Untuk bagaimana menulis artikelnya akan kita bahas di next page ya. Hehehe

5. Share Di Media Sosial

Bingung Blog Begitu – Begitu Saja? Coba Lakukan 5 Cara ini Agar Blog Jadi Lebih Baik
Mungkin anda sudah tidak asing dengan istilah conten marketing atau sosial media marketing. Cara ini juga berfungsi untuk memperkenalkan blog yang sedang anda rintis. Umpamanya sebuah bisnis, tidak bisa langsung merasakan hasilnya melainkan harus secara bertahap. Dan langkah pertamanya adalah memperkenalkan bisnis anda pada khalayak. Mungkin untuk cara lama dengan berkeliling atau sekedar menempelkan banner. Tetapi berkat adanya teknologi dan media sosial, sekarang anda sudah bisa melakukan perkenaan bisnis yang dirintis. 

Nah, bagaimana? Anda sudah punya gambaran mengenai pengembangan blog yang mendasar ini? Kalau sudah jangan nunggu terlalu lama, langsung take action aja. Sekian dulu yah, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih sudah membaca dan jangan lupa tinggalkan komentar atau share jika artikel ini dirasa bermanfaat.

14 comments:

  1. Terus kalau ngeblog untuk curhat gimana mas?

    ReplyDelete
  2. Siap di save sarannya mas. Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Ke 5 sarannya mas Ilham tepat sekali.
    Bagus ulasannya.

    ReplyDelete
  4. Yaaab, aku udah mulai jarang nulis yang panjang

    ReplyDelete
  5. apalah daku ngblog lebih banyak curhatnya. wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Siap mas laksanakan. Kebetulan blog saya baru dilaunching kembali setelah lama vakum, masih banyak yang harus dioptimasi

    ReplyDelete
  7. Betul banget ni artikelnya, sekarang aku jarang tapi nulis panjang hihi

    ReplyDelete
  8. Sangat bermanfaat sekali tulisan ini. Terima kasih banyak saya ucapkan kepada penulis. Semoga selalu diberkati.. Hebat

    ReplyDelete
  9. aku masih pr banget nih biar bisa nulis artikel yang panjang gitu. suka malas soalnya. heu

    ReplyDelete
  10. Pandai sekali kalau menulis blog sekeren dengan master Ilham. Semoga terbimbing dengan jurus jitu penuh menggugah selera. Lanjutkan.

    ReplyDelete
  11. Akan saya perhatikan dan praktekan dengan sungguh-sungguh. Sama halnya dengan jualan, pembeli adalah raja, kalau menulis, pembaca adalah raja. Jadi berikan yang terbaik buat raja...

    ReplyDelete
  12. Optimasi ini yang jadi PR Banget

    ReplyDelete

silahkan tinggalkan komentar yang relevan dengan artikel ya.. makasih ^_^