Thursday, October 18, 2018

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog, Langsung Terapkan dan Nikmati Hasilnya

Blogsadli.com,- Semakin majunya dunia digital saat ini menuntut banyak orang untuk mulai menafaatkan media online yang ada. Hal seperti ini adalah sebuah peluang sebagai cara menghasilkan uang dari blog apabila anda bisa menjadikan segala sesuatunya sebagai sebuah peluang. Semakin kesini, mendapatkan uang dari hasil nge blog bukan lagi hal yang baru, karena memang sudah banyak yang tahu kalau ternyata media online bisa membantu menghasilkan uang, terutama blog. Sebenarnya selain media blog, masih banyak media yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Tetapi kali ini anda harus fokus ke bahasan blog saja, yakni bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. 
Cara Menghasilkan Uang Dari Blog
Banyak yang beranggapan bahwa untuk menghasilkan uang dari blog haruslah terlebih dahulu menjadi seorang yang berpengalaman dalam dunia blog atau internet marekting. Tetapi ternyata ada banyak cara menghasilkan uang dari blog yang bisa anda gunakan. Beberapa cara ini mungkin bisa membantu anda dalam mendapatkan uang dari blog. 

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Nah, pada diskusi kali ini blogsadli bakalan bahas tentang gimana sih cara mendapatkan uang dari blog denga langsung merenapkannya dan meraih hasilnya. Anda juga bisa memilih bagaimana cara yang bisa membuatmu nyaman untuk menghasilkan uang dari blog, karena ada beberapa cara yang akan blogsadli bahas kali ini. 
Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

1. Membuat Sebuah Blog

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog, maka cara pertama adalah membuat blog dahulu. Sama halnya dengan ketika ingin eksis di media sosial, maka yang pertama kali dilakukan adalah membuat media sosialnya dahulu. Ada banyak platform yang bisa anda gunakan untuk membuat blog, ada yang free dan ada yang berbayar. Tetapi untuk yang ingin merintisnya dari nol maka bisa menggunaka beberapa platform yang free. Misalkan platform Wordpress, Joomla, Blogger, Weebly, Wix dan beberapa platform lainnya.

Tetapi biasanya ketika seorang pemula ingin memulai ngeblog, akan dihadapkan dengan kebingungan – kebingungan. Dan untuk anda yang bingung mulai ngeblog dari mana, berikut ini adalah cara memulai blog untuk pemula.

2. Menulis Konten Bermanfaat

Selalu budayakan untuk memposting konten yang bermanfaat, agar pengunjung blog anda mendapatkan nilai positif. Jangan sekali – kali memposting konten dari hasil copy paste dari blog atau sumber lainnya. Bukan hanya merugikan penulis aslinya, melainkan juga merugikan blog yang sedang anda rintis sehingga reputasina buruk di mata pembaca khususnya search engine (Google, Yahoo, Bing).

Selain bermanfaat, buat artikel anda menarik perhatian juga sehingga akan dianggap sebagai artikel atau konten dengan kualitas baik. Secara tidak langsung nantinya akan berpotensi muncul di halaman pertama sistem pencarian. Walaupun banyak yang bilang bahwa ilmu SEO (Search Engine Optimize) adalah yang utama, tetapi sebenarnya yang utama adalah isi konten yang anda tawarkan pada pembaca. Buatlah artikel yang lebih komplit dan lengkap daripada beberapa saingan blog dengan bahasan yang sama. Agar lebih bagus maka perlu ditambahkan beberapa infografis agar informasi yang disampaikan lebih mudah untuk dimengerti.

3. Membangun Kepercayaan Pengunjung

Hal yang penting selain konten adalah pengunjung. Maka sebuah keharusan untuk seorang blogger memanjakan pengunjungnya. Jika diibaratkan blog seperti rumah, maka pengunjung adalah tamu. Jadi sesuai dengan istilah bahwa tamu adalah raja. Manajakan mereka dengan konten – konten yang bagus, informatif dan berkualitas, tujuannya adalah membangun kepercayaan pengunjung. 

Jika membahas tentang travelling, maka pastilah harus banyak hal yang menarik pengujung sehingga mereka betah berlama – lama di blog. Jika tentang parenting, maka haruslah memberikan artikel yang informatif. Untuk membangun kpercayaannya, manfaatkan juga media sosial untuk berinteraksi lebih akrab dengan pengunjung. 

4. Konsisten Memposting Tulisan

Cara selanjutnya adalah konsisten melakukan posting tulisan. Biasanya, konsisten memposting tulisan akan memberikan kesan baik bagi blog kita. Maka tentunya hal ini berkaitan dengan poin ketiga mengenai kepercayaan pengunjung. Usahakan untuk selalu menjadwalkan memposting tulisan, minimal seminggu sekali.

5. Memilih Sumber Penghasilan Blog

Setelah 4 poin penting diatas sudah mulai stabil, maka selanjutnya adalah menentukan sumber penghasilan dari blog. Ada beberapa pilihan yang bisa anda gunakan sebagai seumber penghasilan blog. Berikut ini adalah sebagian kecil saja sumber penghasilan blog, anda bisa memilih salah satunya atau bisa juga menerapkannya beberapa diantaranya.

Google Adsense

Google adsense merupakan salah satu layanan periklanan yang sampai sekarang masih bisa dibilang populer. Sesuai dengan namanya, Google Adsense ini merupakan milik perusahaan ternama Google. Layanan ini disediakan untuk para pemilik website atau blog untuk mendapatkan penghasilan dengan menayangkan iklan. 

Prosesnya bisa dikatakan tidak terlalu sulit, namun ada beberapa tahap yang harus dilewati oleh seorang blogger ketika akan mendaftarkan blognya di google adsense. Diantaranya aadalah memasang kode Adsense di blog yang dikelola, Blog akan direview apakah sudah sesuai dengan kriteria google, dan kemudian akan ada penawaran iklan di blog anda. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog apabila pengunjung berkenan mengklik iklan yang muncul. Sistem pembayaran iklan adalah jika sudah sampai di atas ambang pembayara yakni 100$.

Afiliasi

Selain iklan google adsense, sumber penghasilan blog yang juga cukup populer adalah afiliasi. Sistemnya adalah anda bisa mendapatkan penghasilan ketika pengunjung yang teratirk melakukan transaksi melalui link atau banner afiliasi. Jumlah pembayarannya sendiri bergantung dari jenis produk yang dipromosikan. 

Ada beberapa jenis afiliasi yang sangat populer di kalangan para publisher, diantaranya adalah  CPA (Cost Per Action) dan CPS (Cost per sale). Salah satu marketplace online terbesar dunia seperti amazon juga memberikan peluang untuk penggunanya melalui sistem afiliasi ini.

  • CPA sistemnya akan membayar ketika pengunjung melengkapi data, submit email atau zip sebenarnya juga bisa digolongkan sebagai afiliasi jenis CPA. Mungkin anda sering menemukan kasus pembagian ebook tetapi harus melakukan submit email dahulu pada sebuah form. Ketika email sudah disubmit, maka anda akan mendapatkan komisi.
  • CPS Sistemnya akan membayar ketika sudah terjadi transkasi pembelian. Sering ditemui dalam website penyedia domain atau hosting, mereka biasanya membuka peluang afiliasi, untuk membuat para penggunanya mendapat keuntungan. 

Menawarkan Jasa

Untuk anda yang punya kemampuan lebih, misalnya web desinerm grafis bahkan menulis artikel. Maka anda bisa membuat penawaran tersebut di blog, untuk bisa menghasilkan uang dari blog. Selalu utamakan kualitas untuk mendapatkan kesan yang baik dari pelanggan.

Menawarkan Produk

Karena blog sistemnya adalah online, maka anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai media untuk menawarkan produk yang anda miliki. Produknya terserah anda, memilih menggunakan produk digital atau fisik. 

Sumber Lain

Ada beberapa sumber lain yang bisa anda gunakan juga sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari blog. Karena ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan sebagai sumber penghasilan dari blog yang sedang anda kelola.

Semuanya bisa anda terapkan, tetapi yang perlu diperhatikan bahwa konten yang berkualitas dan baik adalah salah satu point paling penting diantara semuanya. Sekian tulisan sederhana dari Ilham Sadli, semoga bermanfaat. Silahkan di share apabila dirasa bermanfaat.

7 comments:

  1. Aku pernah nyoba Google adsense tapi ditolak pihak Google karena g sesuai. Sempat bingung juga sih...

    ReplyDelete
  2. Google adsens ,afiliasi aku blum faham t kak. Yg pnting bagi ku saat ini adalah konssten dan menulis yg bermanfaat. Hee

    ReplyDelete
  3. Siap praktekin ilmunya. Makasih Mas sudah berbagi. Ilmu2 teknik begini yg dibutuhin bloger pemula kaya aku.

    ReplyDelete
  4. Dari sekian, yang paling susah adalah konsisten nulis, hehe...

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah masih semangat buat ningkatin kualitas blog sama nyoba konsisten aja sih aku mas, soalnya musuh utamaku muales.... #DuniaFaisol

    ReplyDelete
  6. Untuk memilik sumber penghasilan Blog, perlukah direncanakan sejak awal?

    ReplyDelete
  7. Terima kasih pencerahannya ya mas Ilham..

    ReplyDelete

silahkan tinggalkan komentar yang relevan dengan artikel ya.. makasih ^_^