Friday, October 19, 2018

Menjadi Lebih Professional Dengan Beralih Ke Domain TLD

Blogsadli.com,- Menjadi Lebih Professional Dengan Beralih Ke Domain TLD. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa apa sih untungnya berpindah ke domain TLD, sedangkan ketika menggunakan free domain saja sudah bisa mendapatkan rate dan rank yang bagus. Tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa kalau ada yang gratis ngapain harus berbayar. Sebagian kecil diantaranya ingin mulai beralih ke domain TLD tetapi yang menjadi kehawatiran adalah bagaimana cara memperpanjang domain nantinya, sedangkan penghasilan belum bisa dibilang stabil.
Menjadi Lebih Professional Dengan Beralih Ke Domain TLD
Nah, sobat. Kali ini blogsadli mau membahas seputar dunia blogging terutama menjadi professional blog dengan beralih ke domain TLD. Ada beberapa alasan, kenapa seseorang enggan untuk beralih ke domain TLD. Oh ya, sebelumnya mungkin ada yang bertanya domain itu apa sih?

Apa Itu domain?

Untuk seseorang yang masih awam (newbie) dalam dunia website dan hosting, pasti ingin tahu apa sih itu domain, lalu domain TLD atau sejenisnya. Jadi secara sederhanaya, domain bisa diartikan sebagai sebuah alamat apabila website atau blog diibaratkan sebuah rumah. Nama domain sendiri biasanya terdiri dari dua unsur yakni nama blognya kemudian nama servernya. 

Semua registrasi domain dikelola oleh ICANN atau Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Pengelola inilah yang menentukan ekstensi nama domain yang tersedia karena datanya tersimpan dalam database mereka. 

Domain sendiri sebenarnya juga memiliki beberapa tipe yaitu TLD (Top Level Domain), kemudian ccTLD (country code top level domain, gTLD (Generic Top Level Domain), subdomain. Beberapa domain ini memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Tetapi, mari kita fokus ke TLD saja karena seperti namanya sangat populer dalam dunia blogging. Domain TLD biasanya .com, .org, .net, atau .edu.

Kenapa Harus Berdomain TLD

Sebelum blogsadli membahas mengenai kenapa sih harus beralih ke domain TLD, sebelumnya akan dibahas dahulu beberapa alasan seseorang belum berani pindah ke domain TLD. Ketakutan dan keraguannya ini akan terjawab langsung dalam bahasan nanti. 

Beberapa orang, mungkin termasuk saya dan anda yang pernah mengalami masa itu pasti mengerti alasan seseorang masih belum berani untuk beralih ke domain TLD. Misalkan saja, dahulu alasan kenapa belum pindah ke domain TLD adalah karena harga. Apalagi karena saya pribadi masih seorang pelajar yang notabene masih meminta sama orang tua, padahal sekarang sudah tersedia beberapa domain murah Indonesia yang harganya terjangkau dan bersahabat.


Alasan lainnya adalah karena takut rank blog menurun, padahal kenyataannya tidak demikian. Mungkin awalnya demikian, tetapi jika terus konsisten nanti rank akan naik malah bisa lebih cepat untuk naiknya. Karena bisa dikatakan adalah sebuah investasi yang bertumbuhnya pesat. Pernah juga ada yang berpandangan bahwa ketika beralih ke domain TLD, pengunjung blog akan menurun. Padahal itu hanya sebentar karena proses pemindahan atau pengalihan data. 

Dan yang lebih penting lagi adalah blog yang anda kelola akan menjadi lebih professional dan makin terpercaya. Kenapa demikian, bayangkan saja ketika anda mencari sesuatu di internet, walaupun ada yang muncul di halaman pertama pencarian adalah subdomain, maka jika ada yang berdomain akan selalu menarik perhatian. Jadi tunggu apalagi. Ayo beralih ke domain TLD, apalagi dengan adanya penyedia domain murah Indonesia.

Domain murah indonesia bisa anda manfaatkan untuk menunjang serta mendukung kegiatan blogging anda, karena harganya bersahabat, pelayanan dan sumbernya pun terpercaya. Jadi jangan ragu untuk memulai sebuah langlah besar menjadi seorang blogger professional. Kesampingkan ketakutan serta keraguan yang tidak terbukti itu, mulai dari sekarang. Karena nyatanya banyak sekali kelebihan dan manfaat yang akan anda rasakan dengan menggunakan serta beralih ke domain TLD. 


Sekian bahasan sederhana dari blogsadli ya, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca. 

6 comments:

  1. Keren mas alasannya utk beralih ke TLD..

    ReplyDelete
  2. Iya, Bang. Saya juga sempat ragu untuk beralih ke TLD. Btw. thanks infonya

    ReplyDelete
  3. Suhu blog emang keren tulisannya. Bagus banget ini buat pencerahan para bloger pemula.

    ReplyDelete
  4. Beli domain buat blog, itu ibarat. Investasi buat masa depan, hahaha

    ReplyDelete
  5. Dulu, juga sempat ragu2 mau pake domain TLD, antara ga ada duit dan ga tahu cara belinya. Hehehe akhirnya, karena kebutuhan dan pengen keliatan profesional. Beli domain juga.

    ReplyDelete

silahkan tinggalkan komentar yang relevan dengan artikel ya.. makasih ^_^