4 Hal Yang Harus Dimiliki Calon Blogger

Blogsadli.com,- Kita memasuki era dimana semuanya serba digital, membuat profesi sebagai freelance, yotuber, internet marketing bahkan blogger menjadi hal yang biasa. Bahkan semakin kesini, profesi sebagai seorang blogger semakin menjanjikan. Menulis, kemudian mendapatkan bayaran atau mendapatkan barang kemudian menulis dan mendapatkan bayaran. Itu artinya profesi sebagai seorang blogger sudah tidak lagi dipandang sebelah mata. Bahkan banyak juga sekarang yang ingin menjadi calon blogger.
4 Hal Yang Harus Dimiliki Calon Blogger
Pekerjaan sebagai blogger sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha untuk mempromosikan usahanya di semua. Tetapi apakah semua orang bisa menjadi blogger? Jawabannya bisa, tetapi ada beberapa hal yang perlu dimiliki oleh seorang blogger terlebih dahulu. Biasanya hal apa saja sih yang selalu harus dimiliki oleh seorang blogger. 

4 Hal Yang Harus Dimiliki Calon Blogger

Berikut ini adalah 4 hal yang harus dimiliki seorang calon blogger ketika ingin mendapatkan benefit.  

1. Peka Terhadap Lingkungan

Blogger sebenarnya hampir sama dengan para penulis buku, jurnalis, atau mungkin seorang penyair. Seorang blogger juga kadang dituntut untuk bisa peka terhadap lingkungan. Karena inspirasi terbaik sebenarnya adalah apa yang berada disekitar kita, tergantung apakah kita ingin memanfaatkannya atau sekadar membuatnya lewat kemudian berlalu. Kenapa demikian? karena kehidupan yang kita lalui disekitar kita, belum tentu dilalui orang lain di luar sana. Maka dari sisi ini, tentunya seorang blogger harus bisa peka terhadap lingkungan. Jangan Cuma peka terhadap kode doang. Oh ya, sekedar fakta menggelitik nih, kebanyakan blogger itu jomblo walaupu ada yang sudah menikah. Ups!

2. Kemampuan Mengolah Kata

Sebagai seorang blogger, tentunya diperlukan sebuah kemampuan untuk mengolah kata menjadi kalimat, kemudian paragraf hingga menjadi sebuah tulisan penuh. Maka tentunya, sebagai seorang calon blogger haruslah mempelajari setidaknya belajar sambil jalan bagaimana menulis yang baik. Mulai dari ejaan, peletakan titik koma, hingga mungkin merangkai kata menjadi kalimat yang serta makna. Walaupun sekarang sudah banyak bertebaran jasa penulisan konten yang murah dan berkualitas, tapi tetap saja sebagai seorang blogger yang bersembunyi dibalik kata penulis harus bisa merangkai kata.

3. Punya Media Sosial

Seorang calon blogger juga harus memiliki media sosial. Karena zaman menuntut seseorang memiliki media sosial, terutama untuk calon blogger yang belum punya nama dimata banyak orang. Kecuali jika nama kita sudah berhamburan dimana-mana, dan banyak dicari di pencarian google, yahoo atau bing. Namun hal itu hanya kemungkinan kecil saja. Jadi, sebagai calon blogger, tentunya media sosial adalah solusi untuk membranding diri dengan tulisan yang ada di blog. Setidaknya punya akun facebook, sehingga bisa bergabung dengan mereka para masternya dalam satu group. 

4. Perangkat Pendukung

Karena seorang blogger harus selalu berhadapan dengan yang namanya update konten, maka tentunya sebagai calon blogger kita membutuhkan sebuah perangkat untuk terus mengoperasikan blog. Ada banyak jenis perangkat dalam hal ini, mulai dari perangkat untuk keperluan menulis konten dan keperluan mengisi konten dengan foto maupun video. Perangkat pendukung ini adalah hal yang paling akhir, karena banyak blogger yang hanya bermodalkan ke warnet sudah bisa update konten minimal sekali dalam seminggu. Itu sangat luar biasa.

Kesimpulan

Terlepas dari itu semua, hal yang paling utama dimiliki seorang calon blogger adalah sebuah niat dan tekad. Karena suatu saat pasti akan dihadapkan dengan sebuah dilematika yang akan menguji apakah kita siap untuk bertahan atau memilih untuk mundur. Mulai dari mungkin kondisi block writing (bingung nulis apa), kemudian males serta kondisi malas untuk mengupdate konten.

Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "4 Hal Yang Harus Dimiliki Calon Blogger"

  1. Ngeblog tanpa sosmed, ibarat makan tanpa gulai dan gram. Wkwk

    ReplyDelete
  2. Cakep bang, media sosial kudu itu biar ada rasanya kalo LG
    Ngeblogger lagi ngeblogger lagi ngeblogger..

    Salam sapa ☺️

    ReplyDelete
  3. Saya setuju banget dengan 4 hal yang dipaparkan Mas Sadli. Peka pada lingkungan adalah hal utama karwena kita tak bisa lepas dari ranah digital maka hal aktual pun harus mampu ditangkap momennya agar bisa jadi tulisan yang menarik pembaca.
    Soal ke warnet, kayaknya itu lebih cocok dilakukan yang lajang bukan ibu rumah tangga. Saya pernah alami betapa repotnya isi blog jika ke warnet. Ingat anak dan suami di rumah, he he. Dulu juga kala kirim tulisan de warnet, saya harus sambil gendong anak yang masih bayi dan menyusui di sana. Cuma bisa fokus kirim tulisan ke media, tak bisa isi blog. Repot, ha ha.
    Ada hal yang perlu saya tambahkan bagi calon blogger, agar semangat ngeblog maka harus rajin lakukan interaksi positif dengan sesama narablog. Silaturahmi akan membuat wawasan calon narablog kian terbuka. Saya juga begitu pada awalnya.
    Soal penjenamaan diri (personal branding) lewat media sosial, itu memang SANGAT PENTING. Anggap kita sedang merintis karier dari tingkat paling bawah. Lakukan interaksi dengan narablog lain dalam grup sekaligus promosikan blog kita di beranda Facebook. Akan ada, kok, pengunjung yang dengan senang hati bertandang karena diundang atau penasaran dengan artikel yang kita bagikan tauitannya di media sosial. Saya lebih aktif bagikan hal demikian di Facebook daripada akun lain. Facebook lebih banyak penggunanya, sih.
    Omong-omong, saya baru tahu bahwa FLP pun punya jaringan blogger. :)

    ReplyDelete
  4. "kebanyakan blogger itu jomblo" kayaknya authornya begitu juga hihihi *piss .. menjadi blogger pemula itu memang harus banyak belajarnya mas biar semakin baik di tiap postingannya

    ReplyDelete
  5. Setuju banget niat dan tekad adalah yang utama. Belum punya ide? banyak baca, nanti ide akan muncul. Belum punya laptop? bisa via handphone atau ke warnet. Dimana ada kemauan pasti ada jalan :D

    ReplyDelete
  6. awalnya aku sempat kepikiran untuk meninggalkan sosmed, tapi gak jadi, hehe setelah dipikir2 ternyata sosmed penting banget untuk blogger, apalagi skrg butuh banget untuk copywriting... hehe

    ReplyDelete
  7. Menurutku kemampuan menulis yg baik itu adlh salah satu hal terpenting utk menjadi blogger. Karena tulisan adlh konten blogger yg paling utama dan mengisi ruang di mesin pencari dunia maya.

    ReplyDelete
  8. Semuanya berawal dari niat ya kak, keempatnya punya tapi kalo niat jadi blogger gak punya, gak bakal kesampean juga ya kak.. hehe

    ReplyDelete
  9. Harus punya semangat dan pantang nyerah kalau ngeblog, ngga mudah membangunnya..

    ReplyDelete
  10. point 4 ini, perangkat yang medukung ga harus mahal yah, apa aja deh, selagi bisa digunakan. kayak kamera kantor, drone kantor, hahaha

    ReplyDelete
  11. Betuuuul. Saya yang baru menyeriusi dunia blog di akhir 2018 (meski ngeblognya udah dari zaman multiply masih berjaya), ngerasain banget asyiknya dan mudah sebetulnya bagi yg ingin memulai. Yaaa tetep harus diiringi dgn pemenuhan ilmu yaa tapi. Biar makin hari, konten kita makin berkualitas. Dan jangan lupa sisi "tulisan yg mencerahkan" harus ada juga. Imbang lah porsinya jangan cuma job LOL

    ReplyDelete
  12. Semua syarat sudah terpenuhi. Sekarang tinggal satu syarat, komitmen untuk terus ngeblog.. :D :(

    ReplyDelete

silahkan tinggalkan komentar yang relevan dengan artikel ya.. makasih ^_^