Hal Yang Harus Selalu Diperhatikan Ketika Membuat Blog / Website Bagi Pemula

Blogsadli.com,- Dengan memperhatikan kemudahan dalam melakukan akses internet sekarang ini, tentu menjadi sebuah peluang untuk bisa mendapatkan penghasilan dari internet. Salah satu caranya adalah dengan membuat blog / website bagi pemula dengan mengikuti tutorial ataupun belajar pada masternya sendiri. Untuk seorang pemula, tentunya sangat perlu memperhatikan bagaimana dalam membuat blog / website sehingga tidak terjadi hal yang disesali suatu saat nanti. 

Pengertian Blog dan Website

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai hal apa saja yang harus diperhatikan serta dihindari ketika membuat blog / website bagi pemula adalah ilmu dasarnya dahulu. Ilmu dasarnya adalah apa pengertian blog dan website. Blog adalah salah satu dari jenis website yang dimana konten-kontennya berisi pengalaman, pemikiran, opini atau apapun yang berkaitan dengan penulisanya. Biasanya lebih banyak digunakan sebagai media publishing pribadi karena blog memang biasanya digunakan untuk keperluan pribadi. Bisa diisi dengan pengalaman perjalanan, pengalaman apapun, kemudian ide atau bahkan opini pribadi. Website adalah adalah kumpulan dari beberapa laman, dan biasanya digunakan untuk keperluan publikasi kegiatan kantor, organisasi ataupun perusahaan. Dan blog termasuk dalam bagian website, artinya blog merupakan panjangan tangan dari website.


Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Blog / Website Bagi Pemula

Hal Yang Harus Selalu Diperhatikan Ketika Membuat Blog / Website Bagi Pemula
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat blog / website bagi pemula. Terutama untuk persoalan membranding sesuatu dalam blog / website tersebut. 

Jangan Terfokus Dengan Tampilan blog  / Website Untuk Satu Perangkat Saja

Kesalahan yang paling umum ketika seorang pemula membuat website adalah memfokuskan tampilan website pada satu perangkat saja. Banyak yang terlalu fokus pada tampilan blog versi PC saja tanpa memikirkan tampilan versi mobile. Istilahnya adalah mobile friendly, sehingga mudah diakses di mobile. Dengan pertimbangan bahwa sekarang semuanya bisa diakses via mobile dan banyak yang melakukan akses blog / website melalui mobile mereka.


Navigasi Yang User Friendly

Membuat blog / website bagi pemula untuk mendapatkan hasil yang berkualitas maka perlu memperhatikan kemudahan navigasinya atau navigasi yang user frinedly. Navigasi yang terdiri dari serangkaian menu serta label yang tertera pada halaman blog / website harus dibuat secara terstruktur agar tampak rapi dan teratur. Dengan begitu, pengunjung atau visitor lebih mudah dalam mengakses halaman tertentu yang mereka cari. Navigasi yang sederhana juga masuk dalam kriteria ini. Membuat navigasi yang user friendly membuat blog terlihat rapi dan berpengaruhnya terhadap traffic, konversi, hingga peringkat di mesin pencarian.

Tentukan Halaman Penting

Dalam membuat blog / website untuk pemula, tentunya harus menentukan dahulu halaman penting untuk navigasinya. Misalkan saja dengan membuat halaman about me, disclaimer, daftar isi hingga contact. Setidaknya dengan membuat menu atau submenu akan menjadikan blog atau website tersebut semakin bermutu di mata pengunjung, terutama jika halaman tersebut membantu pengunjung mendapatkan informasi dalam blog / website.

Manjakan Pengunjung

Membuat blog / website untuk pemula bukan hanya soal desain luar saja atau sekedar konsep. Tapi yang perlu untuk diperhatikan juga adalah mengenai konten yang ditawarkan pada pengunjung. Ada yang pernah bilang bahwa konten adalah raja, maka tentunya konten yang bagus dan berkualitas adalah salah satu cara untuk memanjakan pengunjung. Cara ini dipercaya bisa membuat pengunjung betah untuk berkunjung ke blog / website yang dibuat.


Nah, itu sedikit share tentang dunia bloging untuk kali ini. Bahasan selanjutnya akan dipublish pada artikel selanjutnya. 

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Hal Yang Harus Selalu Diperhatikan Ketika Membuat Blog / Website Bagi Pemula"

  1. Iya, jangan melulu urusi tampilan blog ya yang penting kontennya keren dan bermanfaat..

    ReplyDelete
  2. Yes.. ISi lbh penting..tapi g tahu knapa aku slalu mikir template terlebih dahulu y haha

    ReplyDelete
  3. Berarti harus memanjakan pengunjung dengan konten dan foto yang kece kali yak, PR banget kalau Foto

    ReplyDelete
  4. Plus tydaq typo itu penting banget, trus pakai kreasi infografis aduh kece banget lah

    ReplyDelete

silahkan tinggalkan komentar yang relevan dengan artikel ya.. makasih ^_^