Thursday, April 4, 2019

Cara Menghapus Broken Link Blogspot Dengan Mudah dan Efisien

Blogsadli.com,- Cara Menghapus Broken Link Blogspot Dengan Mudah dan Efisien. Kali ini blogsadli akan sedikit mengulas tentang brokenlink dan cara menghapusnya dari blog. Pertama-tama anda harus pahami dulu brokenlink dan apa efek brokenlink dibiarkan tumbuh pada blog. Jadi brokenlink adalah sebuah link mati yang berada dalam blog kita. Bukti kalau link tersebut sudah mati adalah dengan munculnya 404 page not found atau halaman tidak ditemukan ketika link tersebut kita klik. 
Cara Menghapus Broken Link Blogspot Dengan Mudah dan Efisien
imaginisme

Cara Menghapus Broken Link Dengan Mudah

Kenapa Bisa Menjadi Brokenlink? Ada yang bertanya mengenai kenapa sebuah link yang awalnya hidup menjadi brokenlink. Ternyata ada beberapa sebabnya, diantaranya adalah karena blog tersebut dihapus atau pindah domain. Kemudian ada juga yang disebabkan karena konten dari link tersebut sudah ganti link atau bahkan dikembalikan ke draft. Atau bisa juga disebabkan karena backlink yang tertanam di blog kita, misalkan backlink dari dalam (blogpost) atau  berasal dari komentar. 
Cara Menghapus Broken Link Blogspot Dengan Mudah dan Efisien

Untuk brokenlink yang dari komentar ini biasaya sebabnya beragam kenapa bisa menjadi brokenlink. Bisa jadi karena sudah dihapus aplikasinya seperti google+ yang sudah resmi dihapus sehingga kemudian komentar kita maupun komentar teman di blog kita beralih menjadi brokenlink atau link mati. Atau juga bisa disebabkan karena ketika komentar menggunakan name/url , url yang dimasukan kurang. Dan saya pernah juga mendengar mengenai komentar name/url yang menggunaka kode m=1, m=0 dan seterusnya bisa berkembang menjadi sebuah brokenlink suatu saat nanti. Nah, untuk kasus yang ini saya pribadi belum menemukannya.

Cara Cek Broken Link Secara Mudah

Untuk mengidentifikasi sebuah link termasuk brokenlink atau tidak, caranya terbilang mudah. Karena jika brokenlink itu adalah sebuah penyakit, maka langkah pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi atau dengan cara cek brokenlink. Langkah yang diperlukan untuk cara cek broken link adalah dengan membuka website brokenlinceck
Cara Menghapus Broken Link Blogspot Dengan Mudah dan Efisien

Setelah membuka website tersebut, teman-teman tinggal menuliskan link blog  teman-teman dan kemudian klik find brokenlink. Setelah teman-teman klik find brokenlink, maka akan muncul kode keamanan. Dibawahnya akan muncul juga pilihan untuk memunculkan brokenlink saja atau bersama dengan memunculkan link bad host, link bad host ini akan terdeteksi apabila hosting dari link tersebut lambat atau bahkan kecepatan loading link tujuan lamban, biasanya akan muncul “503 gateway time out” ini memang tidak terlalu mempengaruhi, tetapi secara tidak langsung juga nantinya akan berimbas.
Cara Menghapus Broken Link Blogspot Dengan Mudah dan Efisien
Tunggu beberapa saat hingga muncul daftar brokenlink dan badhost yang muncul di blog kita. Seperti gambar diatas. 

Cara Menghapus Brokenlink Dengan Mudah

Untuk cara menghapus brokenlink ini sebenarnya bisa dilakukan dengan dua cara untuk pengguna blogspot / blogger. Caranya adalah dengan menghapus manual satu-satu melalui blogger dan dengan menggunakan crawl error dari webmaster atau google search console. 

Cara Menghapus Brokenlink Dari Blogger / Blogspot

Untuk pengguna blogger atau blogspot, cara menghapus brokenlink dari blog bisa dilakukan dengan menghapus komentar atau link yang terdeteksi brokenlink. Untuk link tertentu, misalkan dari client mengalami 404 maka sebaikany dibiarkan saja dulu sampai kontark selesai barulah kemudian dihapus. Apakah harus menghapus komentar atau link secara manual? Jawabannya iya harus manual untuk lebih aman dan nyaman kedepannya. 
Cara Menghapus Broken Link Blogspot Dengan Mudah dan Efisien

Setelah teman-teman mendeteksi atau tahu jumlah dan link yang terdeteksi sebagai brokenlink, maka teman-teman bisa langsung klik “url src” untuk menemukan link yang terdeteksi mati tersebut. Namun akan lebih mudah lagi ketika brokenlink tersebut berasal dari kolom komentar. Karena teman-teman bisa lebih mudah untuk menghapus brokenlink yang berasal dari komentar pengunjung. 

Caranya bisa dengan menghapus lansung di kolom komentar pada postingan, atau melalui fitur komentar. Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar lebih mudah dan efisien dalam mengatasi brokenlink pada komentar.
  • Masuk ke blogger 
  • Lalu masuk ke fitur Komentar
  • Klik tandai komentar yang ingin dihapus, lalu klik hapus diatasnya
  • Karena batas komentar yang muncul di dashbor hanya 100 komentar saja, maka hal ini bisa anda lakukan secara berkala agar tidak terasa terlalu melelahkan.
  • Jika sudah merasa semua komentar yang terindikasi brokenlink telah dihapus, silakan cek kambali dengan melakukan cara cek broken link tadi.

Cara Menghapus Broken Link Blogspot Dengan Mudah dan Efisien

Mohon maaf, untuk cara menghapus brokenlink menggunakan webmaster hanya bisa dilakukan dengan fitur lama atau versi lama. Untuk versi barunya dari webmaster akan segera saya update sambil diperlajari. Terimakasih dan Selamat mencoba serta berkutat dengan brokenlink ya.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar yang relevan dengan artikel ya.. makasih ^_^